18 June 2015

Renovasi Rumah #4: Dapur dan Halaman Depan

Yeah, karena baby sebentar lagi nongol, nyempetin untuk "pimp up" dua bagian rumah, dapur dan halaman rumah. 

Penampakan dapur berdinding keramik. Untuk meja dapur, kita pakai Granit :
Masak rendang di dapur baru.


Untuk dapur, meja dan sink dibuat pakai teknik beton, biar kuat. Soalnya, dapur di rumah ini panjang banget. Kalau semuanya pakai lemari dapur yang minimal Rp. 1jt / m lepas itu, bisa abis sampe 20 jutaan kali ya >.< bangkrut dong. Makanya, dicoba pakai beton dan keramik aja. Spesial untuk meja dapur, pakai Granit, supaya lebih awet dan kuat. Kebetulan, nemu granit yang sedang diskon sih.





Bagian rumah kedua yang dapet jatah renov, adalah halaman depan. Pertama-tama, si pohon mangga dan sukun tua ditebang habis sampai ke akarnya. Maklumlah, sang akar betul-betul merusak struktur tanah di depan rumah, sampai-sampai tanah halaman depan amblas. Si got depan kemudian ditembok ulang dengan menggunakan batu kali. Ini supaya struktur tanahnya jadi kuat untuk menopang pagar besi yang akan dipasang, dan kalau-kalau kendaraan keluar-masuk garasi rumah. Selanjutnya, si pagar dan kanopi diganti dengan yang baru. Terakhir, tinggal cat-cat rumah deh. Sebagai referensi, untuk kanopi dan pagar besi, harga di kisaran Rp. 300 s/d 500 ribu per meter perseginya.



Sip, tamatlah sudah renov besar-besaran di rumah Cimahi. Sekarang tinggal beres-beres isinya, untuk mempersiapkan kedatangan baby blob. Waktunya menabung lagi untuk renov "villa" di Karawang yang belum ditempati. Mudah-mudahan ada rejekinya.

Aamiin ^^

No comments:

Post a Comment